Halaman

"BAPA YANG KEKAL KUPERSEMBAHKAN KEPADA-MU, TUBUH DAN DARAH, JIWA DAN KE-AILAHAN PUTERA-MU YANG TERKASIH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, DEMI PENEBUSAN DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA SELURUH DUNIA" - YESUS RAJA KERAHIMAN ILAHI, AKU PERCAYA KEPADA-MU

Jumaat, November 16, 2012

SENANTIASA BERDOA DENGAN PENUH KETEKUNAN


( Bacaan Pertama Misa Kudus, Peringatan S. Elisabet dari Hungaria – Sabtu, 17 November 2012 )
Keluarga Fransiskan: Pesta S. Elisabet dari Hungaria

Yesus menyampaikan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan bahwa mereka harus selalu berdoa tanpa jemu-jemu. Kata-Nya, “Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun. Di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku. Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorang pun, namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku.” Kata Tuhan, “Perhatikanlah apa yang dikatakan hakim yang tidak adil itu! Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Apakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka? Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, apakah Ia akan mendapati iman di bumi?” (Luk 18:1-8)

Bacaan Pertama: 3Yoh 5-8; Mazmur Tanggapan: Mzm 112:1-6

Apakah pandangan anda tentang Allah? Apakah anda melihat Dia sebagai seorang hakim yang tidak adil? Apakah anda pikir anda harus membujuk-Nya dulu sebelum Ia benar-benar mau memperhatikan anda? Betapa mudahlah bagi kita untuk menjadi salah paham tentang cara Allah bekerja! Betapa cepatnya kita mengembangkan persepsi-persepsi yang keliru berdasarkan cara kita menafsirkan peristiwa-peristiwa dalam kehidupan kita. Namun kebenaran yang sejati tetap tegak, yaitu bahwa Allah kita adalah Allah yang sangat mengasihi dan adil. Kita dapat mengandalkan Dia untuk memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan.

Hakim dalam perumpamaan Yesus dalam bacaan Injil hari ini adalah seorang hakim yang jahat dan tidak mengindahkan moralitas. Menurut Hukum Yahudi (Ul 24:17-22), si janda mempunyai hak untuk memohon pertolongan dari hakim tersebut. Pada kenyataannya, hakim itu harus memberikan prioritas atas permintaan si janda. Namun, sebaliknyalah yang terjadi: Bapak Hakim itu menolak terus permintaan si janda agar hak-haknya dibela olehnya sebagai hakim demi keadilan. Tetapi si janda tidak putus asa dan ia terus mendatangi Pak Hakim dengan permintaan yang sama, sehingga pada akhirnya pun Pak Hakim membenarkan/meluluskan permintaan si janda.

Berlawanan dengan sikap si hakim yang jahat itu, Allah kita itu mahaadil, mahasetia dan mahapengasih. Ada kemungkinan kita tidak memperoleh jawaban yang langsung atau instan terhadap doa-doa kita, namun kita tidak perlu khawatir dan putus-asa. Ada saat-saat di mana Allah menunda jawaban-Nya terhadap doa kita agar dapat mengajar kita bagaimana menaruh kepercayaan kepada-Nya. Ada kalanya juga jawaban yang kita pikir sebagai jawaban terbaik sebenarnya dapat menyakiti diri kita.

Memang tidak mudahlah untuk mempercayakan segala urusan kita kepada Allah. Kita tidak dapat mengharapkan untuk memahami mengapa dan bagaimana Allah memilih untuk menjawab doa-doa kita – karena kita tidak mengetahui tujuan-tujuan ilahi-Nya. Akan tetapi, kita dapat berpaling kepada Yesus dan memohon kepada-Nya agar menunjukkan cara/jalan untuk menaruh kepercayaan dan jalan ketaatan. Yesus sepenuhnya mempasrahkan hidup-Nya kepada Allah Bapa. Bahkan di tengah penderitaan fisik, emosional dan spiritual, Yesus dengan setia dan taat merangkul kehendak Bapa-Nya. Di taman Getsemani Yesus berdoa kepada Bapa-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau Engkau berkenan, ambillah cawan ini dari hadapan-Ku; tetapi jangan kehendak-Ku, melainkan kehendak-Mulah yang jadi” (Luk 22:42). Paulus menulis tentang perendahan diri Yesus dan ketaatan-Nya kepada Bapa surgawi sampai mati di kayu salib. Sebagai akibatnya, Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku, “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemulian Allah, Bapa! (Flp 2:6-11).

Kita semua dapat mengenal dan mengalami kasih Allah seperti Yesus. Oleh karena itu, marilah kita senantiasa berdoa dengan penuh ketekunan dan menanti untuk melihat bagaimana Allah akan menanggapi doa-doa kita dalam kasih. Allah sungguh mengasihi kita. Apabila ada sesuatu yang tidak bekerja seperti kita rencanakan, janganlah kita cepat-cepat merasa putus-asa atau mulai menggerutu, bahkan menyalahkan Allah. Marilah kita merenungkan teladan hidup Yesus sendiri dan menyerahkan hidup kita sepenuhnya kepada Allah. Allah Bapa mempunyai pemikiran terbaik bagi Yesus dan tentu Ia juga mempunyai pemikiran yang terbaik bagi kita – walaupun dalam sikon-sikon paling sulit yang kita hadapi dalam kehidupan ini. Sudah sepantasnyalah bagi kita untuk mempercayai Allah dan cara kerja-Nya. Yang jelas kasih-Nya kepada kita akan tetap ada, karena Allah adalah kasih (1Yoh 4:8,16).

DOA: Bapa surgawi, ampunilah kami apabila kami kadang-kadang berpikir bahwa Engkau telah berlaku tidak adil terhadap kami dan tidak mengasihi kami. Kami ini lemah dan tidak mampu memahami cara-cara atau jalan-jalan-Mu, ya Bapa. Tolonglah kami dalam kelemahan kami ini dan kuatkanlah kami selagi kami bertekun dalam doa kepada-Mu. Amin.

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Tiada ulasan:

Catat Ulasan