Halaman

"BAPA YANG KEKAL KUPERSEMBAHKAN KEPADA-MU, TUBUH DAN DARAH, JIWA DAN KE-AILAHAN PUTERA-MU YANG TERKASIH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, DEMI PENEBUSAN DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA SELURUH DUNIA" - YESUS RAJA KERAHIMAN ILAHI, AKU PERCAYA KEPADA-MU

Selasa, Mei 15, 2012

TUGAS ROH KUDUS ADALAH UNTUK MENYATAKAN KEBENARAN


( Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan VI Paskah, Rabu 16-5-12 )
 Keluarga Fransiskan: Peringatan Santa Margareta dari Cortona, Ordo III Sekular

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku. Segala sesuatu yang Bapa miliki adalah milik-Ku; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang akan diterima-Nya dari Aku.” (Yoh 16:12-15)

Bacaan Pertama: Kis 17:15,22-18:1; Mazmur Tanggapan: Mzm 148:1-2,11-14

Tidakkah kita (anda dan saya) juga ingin mengetahui “seluruh kebenaran” dan memahami “hal-hal yang akan datang”? Bayangkan semua pertanyaan yang dapat kita jawab dan segala rasa takut yang dapat kita hilangkan. Bayangkan kita dapat mengantisipasi setiap situasi dan mempunyai solusi yang benar untuk setiap masalah.

Dalam artian tertentu, inilah yang dijanjikan Yesus kepada para murid-Nya – dan murid/pengikut-Nya yang menyusul, seperti kita yang hidup di abad ke-21 ini. Akan tetapi, pengetahuan yang diberikan oleh Roh-Nya bukanlah pengetahuan mengenai peristiwa-peristiwa dunia melainkan pengenalan akan Yesus sendiri, di mana “segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia” (Kol 1:16). Karena Roh Kudus, setiap orang yang percaya dari setiap generasi mempunyai janji mengenal Yesus secara intim/akrab, dan sebagai akibatnya mempunyai akses kepada semua hikmat yang diperlukan seseorang untuk hidup dalam dunia ini.

Tahu bahwa diri-Nya akan naik menghadap Bapa, Yesus berjanji untuk memberikan kepada para pengikut/murid-Nya Roh Kudus, yang “tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yoh 16:13). Roh Kudus yang hidup sejak kekal dalam Trinitas, telah diberikan kepada kita untuk membawakan sukacita dan kuasa surgawi ke tengah dunia, dan untuk mengangkat hati manusia kepada kemuliaan surga. Apakah anda ingin mengetahui bagaimana mengasihi seorang anggota keluarga, seorang anggota lingkungan, atau seorang anggota komunitas yang sulit? Tanyalah kepada Roh Kudus yang berdiam dalam diri anda untuk menunjukkan caranya kepada anda. Apakah anda ingin mengetahui cara yang terbaik untuk merawat anak-anak anda? Mohonlah kepada Roh Kudus untuk menunjukkan kepada anda bagaimana Yesus akan merawat mereka, dan mintalah kepada-Nya kekuatan untuk melakukannya seturut bagaimana Jurus selamat kita akan melakukannya.

Tugas Roh Kudus adalah untuk menyatakan kebenaran, tidak hanya kepada kita sebagai individu-individu, melainkan juga kepada Gereja dan dunia. Pada setiap zaman, Roh Kudus membangkitkan perempuan dan laki-laki sebagai juru-bicara-Nya. Mereka adalah para nabi yang hidup seturut Kitab Suci dan memiliki kerendahan hati yang memampukan mereka untuk menyampaikan sabda Allah dengan keberanian dan keyakinan mendalam. Dalam segala cara yang berbeda-beda, Yesus mengundang kita untuk mendengarkan sabda-Nya, dan melalui Roh Kudus-Nya, mengalami kuasa kasih-Nya. Semoga kita senantiasa menjaga hati kita masing-masing tetap terbuka, siap setiap saat untuk mendengarkan apa yang disabdakan-Nya.

DOA: Roh Kudus Allah, dengan antisipasi yang besar kami membuka hati kami masing-masing bagi-Mu. Seperti para rasul, kami mengetahui bahwa kami tidak dapat menanggung kepenuhan dari segala hal yang Engkau ingin tunjukkan kepada kami. Walaupun demikian, kami mohon kepada-Mu agar membimbing serta menuntun kami ke dalam kebenaran-Mu. Persiapankah kami, ya Roh Kudus, bagi kepenuhan yang akan datang bilamana Yesus datang kembali. Amin.

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Tiada ulasan:

Catat Ulasan