Halaman

"BAPA YANG KEKAL KUPERSEMBAHKAN KEPADA-MU, TUBUH DAN DARAH, JIWA DAN KE-AILAHAN PUTERA-MU YANG TERKASIH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, DEMI PENEBUSAN DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA SELURUH DUNIA" - YESUS RAJA KERAHIMAN ILAHI, AKU PERCAYA KEPADA-MU

Selasa, Mei 07, 2013

MENGAPA KENAIKAN YESUS BEGITU PENTING BAGI KITA?


(Bacaan Kedua Misa Kudus, HARI RAYA KENAIKAN TUHAN – Kamis, 9 Mei 2013)
Keluarga Fransiskan: Peringatan S. Katarina dr Bologna

Aku meminta kepada Allah Tuhan kita Yesus Kristus, yaitu Bapa yang mulia itu, supaya Ia memberikan kepadamu Roh hikmat dan wahyu untuk mengenal Dia dengan benar. Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: Betapa kaya kemuliaan warisan-Nya kepada orang-orang kudus, dan betapa hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya, sesuai dengan kekuatan kuasa-Nya yang besar, yang dikerjakan-Nya di dalam Kristus dengan membangkitkan Dia dari antara orang mati dan mendudukkan Dia di sebelah kanan-Nya di surga, jauh lebih tinggi dari segala pemerintah dan penguasa dan kekuasaan dan kerajaan dan tiap-tiap nama yang dapat disebut, bukan hanya di dunia ini saja, melainkan juga di dunia yang akan datang. Segala sesuatu telah diletakkan-Nya di bawah kaki Kristus dan Dia telah diberikan-Nya kepada jemaat sebagai Kepala dari segala yang ada. Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan segala sesuatu. (Ef 1:17-23)

Bacaan Pertama: Kis 1:1-11; Mazmur Tanggapan: Mzm 47:2-3.6-9; Bacaan Injil: Luk 24:46-53

Yesus telah bangkit dan telah naik ke surga dan duduk di sebelah kanan takhta Allah Bapa. Ini adalah dasar dari pengharapan kita. Sesungguhnya, di luar dari semua ini kita tidak akan mempunyai pengharapan samasekali. Apabila Yesus tidak kembali kepada takhta-Nya, maka Roh Kudus tidak akan diberikan kepada kita. Dan jika Roh Kudus itu tidak dicurahkan ke dalam hati kita, maka kita tidak akan memiliki hikmat dan pernyataan yang kita perlu untuk terus bertumbuh dalam pengenalan kita akan Yesus. Kita tidak akan memperoleh “jaminan warisan kita sampai kita memperoleh penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya” (Ef 1:14). Kita tidak akan memiliki kuat-kuasa Allah yang tak terbandingkan itu bekerja dalam diri kita – kuat-kuasa yang sama yang telah membangkitkan Yesus dari alam maut. Namun Yesus telah naik ke surga, dengan demikian sesungguhnya kita memang adalah orang-orang yang paling terberkati!

Mengapa “kenaikan Yesus ke surga” begitu penting bagi kita? Yesus telah bangkit dan naik kepada Bapa-Nya di surga, dengan demikian kita berpotensial untuk menjalani kehidupan yang secara radikal berbeda dari sebelumnya. Yesus telah mengalahkan dosa dan maut dan menebus kita semua bagi diri-Nya. Sekarang, kita semua yang telah dibaptis ke dalam kematian dan kebangkitan-Nya juga akan duduk bersama Dia, jauh di atas setiap kuasa dalam dunia ini dan di dunia yang akan datang (Ef 1:17-22; 2:4-7).

Marilah kita mencoba untuk membayangkan keindahan kebenaran ini. Jika kita bersatu dengan Tuhan yang telah ditinggikan, maka sekarang kita ikut mengambil bagian dalam kemenangan-Nya atas dosa, Iblis, dan bahkan maut itu sendiri. Tidak ada sesuatu pun yang dapat menggeser Yesus dari takhta-Nya, dan tidak ada sesuatu pun yang dapat meyakinkan diri-Nya untuk membuang kasih perjanjian-Nya yang diperuntukkan bagi kita. Iman kita, relasi kita dengan Allah, dan keselamatan kita semua terjamin karena posisi Yesus di takhta surgawi juga terjamin!

Apakah semua ini seakan-akan terdengar too good to be true? Kita tidak perlu merasa khawatir karena semua itu dijamin oleh Allah sendiri. Dengan kenaikan-Nya ke surga, Yesus sesungguhnya telah membuka jalan kepada takhta Bapa-Nya, dan kita dapat pergi ke sana dengan berani guna menerima rahmat dan pertolongan pada saat kita membutuhkan (Ibr 4:16). Pada hari ini, sekarang juga, marilah kita memohon kepada Bapa surgawi untuk memberikan kepada kita apa yang kita butuhkan, dengan penuh kepercayaan bahwa Dia akan mendengar dan menjawab doa kita!

DOA: Tuhan Yesus, aku memberikan hidupku kepada-Mu, Tuhan surga dan bumi yang telah ditinggikan! Oleh Roh Kudus-Mu, berikanlah kepadaku keyakinan tak tergoyahkan bahwa kuat-kuasa sama yang telah membangkitkan Engkau, hidup juga di dalam diriku. Oleh Roh Kudus-Mu, berdayakanlah diriku untuk menjalani kehidupan yang membawa kehormatan dan kemuliaan bagi-Mu. Amin.

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

1 ulasan:

  1. Kenaikan Yesus Kristus ke Sorga sangatlah penting bagi umat Kristiani. Demikian juga sebenarnya sangatlah penting dengan apa yg ditinggalkan/diwariskan Yesus bagi umat Kristiani. Samalah pentingnya orang tua kandung kita meninggalkan/mewariskan harta kekayaan. Sekalipun kita sdh kaya. Karena warisan harta kekayaan dr orang tua kandung kita merupakan status simbol,bahwa kita keturunan orang berada,bukan keturunan fakir miskin. Apakah yg diwariskan Yesus,yaitu suatu agama/risalah baru yg bukan berupa agama Yahudi seri 2. Apakah Yesus meninggalkan Firman yg berupa pernyataan diri secara nyata (bukan terselubung) bahwa Dirinya adalah TUHAN yg wajib disembah. Adakah Yesus meninggalkan firman yg berupa pemberian nama AGAMA yg didakwahkan Yesus berikut nama dan tatacara beribadahnya. Nama dan tatacara beribadah sewaktu Yesus msh hidup maupun sesudah mati. Jadi sudahkah Yesus mewariskan agama/risalah yg didakwahkan secara lengkap,baik lengkap secara teologi maupun secara dogmatik. Hanya umat Kristianilah yg bisa menjawab secara rasio beserta bukti bukti yg ada pd Alkitab.

    BalasPadam