Halaman

"BAPA YANG KEKAL KUPERSEMBAHKAN KEPADA-MU, TUBUH DAN DARAH, JIWA DAN KE-AILAHAN PUTERA-MU YANG TERKASIH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, DEMI PENEBUSAN DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA SELURUH DUNIA" - YESUS RAJA KERAHIMAN ILAHI, AKU PERCAYA KEPADA-MU

Sabtu, Mei 25, 2013

TRITUNGGAL MAHAKUDUS ADALAH KEBENARAN YANG HIDUP

(Bacaan Injil Misa, HARI RAYA TRITUNGGAL MAHAKUDUS – Minggu, 26 Mei 2013)
Kongregasi OSF: Pelindung Provinsi Indonesia

Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari Aku. Segala sesuatu yang Bapa miliki adalah milik-Ku; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang akan diterima-Nya dari Aku.” (Yoh 16:12-15)

Bacaan Pertama: Ams 8:22-31; Mazmur Tanggapan: Mzm 8: 4-9; Bacaan Kedua: Rm 5:1-5

Yesus memberikan kepada para murid-Nya (termasuk kita pada abad ke-21 ini) suatu gambaran sekilas lintas ke dalam relasi antara Pribadi-Pribadi dalam Tritunggal Mahakudus ketika Dia mengatakan: “Segala sesuatu yang Bapa miliki adalah milik-Ku” dan ketika Dia menggambarkan Roh Kudus (Roh Kebenaran) sebagai Dia yang akan menyatakan semua yang benar dan mulia tentang Allah kepada hati kita (Yoh 16:15). Keindahan Allah yang Mahakasih adalah bahwa Dia syering setiap hal dengan kita. Tidak ada yang ditahan-tahan oleh-Nya, malah dengan penuh bahagia Dia mengundang orang-orang berdosa untuk ikut ambil bagian dalam kesempurnaan hidup ilahi.

Kitab Suci menceritakan kepada kita bahwa Bapa dan Putera memberikan kepada kita Roh Kudus untuk membimbing kita ke dalam segala kebenaran dengan menyatakan misteri-misteri Injil kepada hati kita. Jadi, Tritunggal Mahakudus adalah suatu misteri yang kita masing-masing harus mengalaminya. Inilah kebenaran yang diungkapkan dengan indah oleh Paulus pada akhir sepucuk suratnya: “Anugerah Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian” (2Kor 13:13).

Seorang pengkhotbah besar pernah berkata bahwa misteri yang riil dari Tritunggal Mahakudus bukanlah pertanyaan tentang bagaimana dapat ada tiga Pribadi dalam satu Allah, melainkan pertanyaan bagaimana Allah yang sempurna dan mandiri dapat begitu mengasihi kita. Kasih yang sungguh menakjubkan, bahwa Bapa akan mengorbankan Putera-Nya untuk memulihkan warisan kita sebagai anak-anak Allah! Kasih yang sungguh menakjubkan, bahwa Roh Kudus akan datang untuk hidup dalam diri kita sebagai Penghibur dan Guru! Kita telah menerima penebusan dan belas-kasih dari Allah yang Mahakuasa! Sekarang kita dapat hidup sebagaimana dimaksudkan bagi kita sebelum dunia dijadikan.

Pada hari ini kita tidak merayakan suatu kebenaran abstrak, melainkan suatu kebenaran yang hidup. Allah ingin agar kita mengalami kasih-Nya, untuk disembuhkan oleh kemenangan Yesus atas kejahatan (si Jahat), dan untuk ditransformasikan oleh pernyataan kebenaran-Nya melalui Roh Kudus. Kita mempunyai “seorang” Allah yang mempribadi, yang memperhatikan setiap detil hidup kita. Oleh karena itu marilah kita meningkatkan ekspektasi kita guna mengalami kehadiran-Nya dan kuasa-Nya pada hari ini. Kita harus menjaga agar hati dan mata kita tetap terbuka. Allah akan menyatakan diri-Nya kepada kita, mungkin saja dalam cara-cara yang kita tidak pernah harap-harapkan.

DOA: Allah Yang Mahakuasa, kekal, adil dan berbelaskasihan, perkenankanlah kami yang malang ini, demi Engkau sendiri, melakukan apa yang setahu kami Engkau kehendaki, dan selalu menghendaki apa yang berkenan kepada-Mu, agar setelah batin kami dimurnikan dan diterangi serta dikobarkan oleh api Roh Kudus, kami mampu mengikuti jejak Putera-Mu yang terkasih, Tuhan kami Yesus Kristus, dan berkat rahmat-Mu semata-mata sampai kepada-Mu, Yang Mahatinggi, Engkau yang dalam tritunggal yang sempurna dan dalam keesaan yang sederhana, hidup dan memerintah serta dimuliakan, Allah yang Mahakuasa sepanjang segala masa. Amin. [S. Fransiskus dari Assisi, SurOr 50-52]


Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

1 ulasan:

  1. " שמע ישראל יהוה אלהינו יהוה אחד. ואהבתא את יהוה אלהיך בכל לבבך ובכל נפשך ובכל מאדך ואהבתא לרעך כמוך. "
    👆👇
    " Shema Yisrael YHWH ( Adonai ) Eloheinu YHWH ( Adonai ) ekhad. V'ahavta et YHWH ( Adonai ) Eloheikha bekol levavkha uvkol nafsheka uvkol meodekha v'ahavta lereakha kamokha. "
    👆👇
    " Dengarlah, hai Israel: YHWH ( Adonai ) Elohim kita: YHWH ( Adonai ) itu satu. Dan kasihilah YHWH ( Adonai ) Elohimmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. "
    ( Ulangan 6 : 4 - 5, Imamat 19 : 18, Markus 12 : 29 - 31 )
    🕎✡🐟✝🕊🇮🇱

    BalasPadam