Halaman

"BAPA YANG KEKAL KUPERSEMBAHKAN KEPADA-MU, TUBUH DAN DARAH, JIWA DAN KE-AILAHAN PUTERA-MU YANG TERKASIH TUHAN KAMI YESUS KRISTUS, DEMI PENEBUSAN DOSA-DOSA KAMI DAN DOSA SELURUH DUNIA" - YESUS RAJA KERAHIMAN ILAHI, AKU PERCAYA KEPADA-MU

Khamis, Februari 16, 2012

IMAN TANPA PERBUATAN PADA HAKIKATNYA ADALAH MATI

( Bacaan Pertama Misa Kudus, Hari Biasa Pekan Biasa VI, Jumat 17-2-12 )

Apa guna, Saudara-saudaraku, jika seseorang mengatakan bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, dan seorang dari antara kamu berkata, “Selamat jalan, kenakanlah pakaian hangat dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? Denmikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, makan iman pada hakekatnya mati.


Mazmur Tanggapan: Mzm 112:1-6; Bacaan Injil: Mrk 8:34-9:1
Tetapi mungkin ada orang berkata, “Padamu ada iman dan padaku ada perbuatan”; aku akan menjawab dia, “Tunjukkanlah kepadaku imanmu itu tanpa perbuatan, dan aku akan menunjukkan kepadamu imanku dari perbuatan-perbuatanku.” Engkau percaya bahwa hanya ada satu Allah saja? Itu baik! Tetapi setan-setan pun percaya akan hal itu dan gemetar. Hai manusia yang bebal, maukah engkau mengakui sekarang bahwa iman tanpa perbuatan adalah iman yang kosong? Bukankah Abraham, bapak kita, dibenarkan berdasarkan perbuatan-perbuatannya, ketika ia mempersembahkan Ishak, anaknya, di atas mezbah? Kamu lihat bahwa iman bekerja sama dengan perbuatan-perbuatannya dan oleh perbuatan-perbuatan itu iman menjadi sempurna. Dengan demikian, genaplah nas yang mengatakan, “Lalu percayalah Abraham kepada Allah, maka hal itu diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran.” Karena itu, Abraham disebut “Sahabat Allah”. Jadi kamu lihat bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman. Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati. (Yak 2:14-24,26)

Dalam kehidupan anda sebagai seorang Kristiani yang Katolik, tentunya anda pernah (seringkali atau jarang) berinter-aksi dengan saudari-saudara kita Kristiani lainya yang berasal dari denominasi-denominasi lainnya. Barangkali anda telah mengalami rasa persatuan yang indah, namun pada saat sama merasa sedih atas kenyataan bahwa gereja-gereja masih terpisah-pisah. Salah satu “tembok pemisah” yang klasik adalah isu pembenaran. Apakah kita dibenarkan oleh iman saja, atau apakah pekerjaan baik juga diperlukan untuk keselamatan? Dapatkah kita mempunyai iman tanpa perbuatan-perbuatan?

Pertanyaan-pertanyaan seperti inilah yang telah membawa kepada banyak perpecahan yang kita lihat pada hari ini. Namun di sisi lain, kita mempunyai alasan untuk berpengharapan bahwa perpecahan ini dapat diatasi. Dokumen yang berjudul “Joint Declaration on the Doctrine of Justification” (Deklarasi Bersama tentang Doktrin Pembenaran), mengungkapkan buah dari sebuah dialog bertahun-tahun lamanya antara gereja Lutheran dan gereja Katolik dan menunjukkan sampai berapa banyak kita dapat bersetuju.

Sementara tetap masih ada perbedaan-perbedaan yang serius yang harus dibahas lebih lanjut, dokumen ekumenis ini merupakan sebuah landmark. Dalam dokumen tertulis ini, kedua gereja mengakui bahwa pembenaran adalah karya Allah, bukan karya manusia. Kita diselamatkan oleh rahmat-Nya melalui iman sebagai suatu anugerah dari Allah kepada umat-Nya. Yang “mengejutkan” adalah, bahwa kedua gereja mengakui bahwa “pekerjaan baik” adalah sentral bagi kehidupan Kristiani kita. Sementara kita dipanggil untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan baik, kita tidak dapat mengklaim semua itu sebagai hasil karya kita sendiri atau sebagai sumber keselamatan kita. Seperti iman, demikian pula dengan pekerjaan-pekerjaan kasih. Semuanya datang dari Roh Kudus Allah.

Memang masih banyak yang harus dilakukan dalam perjuangan kita untuk tercapainya persatuan Kristiani, kita tidak boleh merasa ragu-ragu untuk mengakui mukjizat yang ada di belakang persetujuan antara gereja Lutheran dan gereja Katolik sehingga sampai menghasilkan dokumen di bidang ekumenisme yang sangat berarti. Apabila “kebencian” dan “rasa tidak percaya” yang sudah berabad-abad lamanya pada akhirnya menyusut, maka hasilnya tentulah adalah sebuah gereja yang lebih kuat, sebuah gereja yang sepenuhnya akan memusatkan segala sumber dayanya untuk memenuhi/melaksanakan misinya di tengah-tengah dunia, seturut “amanat agung” dari Yesus Kristun sendiri (lihat Mat 28:19-20). Oleh karena itu, marilah kita dengan penuh rasa gembira dan syukur berdoa kepada Allah dan memohon dari-Nya agar rencana-Nya untuk persatuan para pengikut/murid Kristus dapat terlaksana secara penuh. Marilah kita juga ikut ambil bagian dalam rencana itu dengan menghayati kehidupan penuh iman dan dengan pergi keluar dalam kasih kepada para saudari-saudara yang membutuhkan, di mana saja kita menjumpai mereka.

DOA: Tuhan Yesus, perkenankanlah kami mengalami dalam hidup kami apa yang Engkau sendiri doakan kepada Bapa pada malam sebelum sengsara dan kematian-Mu di atas kayu salib: “semoga mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu” (Yoh 17:22). Oleh kuasa Roh Kudus-Mu, semoga kami semua anggota Tubuh-Mu bersatu dengan Engkau sebagai Kepala. Terpujilah nama-Mu yang Mahakudus. Amin.

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

Tiada ulasan:

Catat Ulasan